TENTANG KAMI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura



Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura

VISI DAN MISI


VISI

"TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA DALAM PENGURUSAN DOKUMEN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL"


MISI

1. Mengembangkan peran serta masyarakat dalam melakukan sistem pendaftaran Kependudukan danPencatatan Sipil yang sah, akurat dan valid melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).
2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi lebih kompeten, akuntabel dan profesional di dalam melayani pengurusan Dokumen Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura.

PROVINSI PAPUA

Klik tautan ini untuk mengunjungi website resmi Pemerintah Provinsi Papua

kunjungi

KOTA JAYAPURA

Klik tautan ini untuk mengunjungi website resmi Pemerintah Kota Jayapura

kunjungi

UNDUH WHATSAPP KAMI

Klik tautan ini untuk mengunduh nomor WhatsApp Kadis DUKCAPIL se-Indonesia

Unduh

Kami Siap Melayani Anda

DR. MERLAN S ULOLI, SE.,M.Si.

KEPALA DINAS

ANDI RAHMIWATI, SE.,M.Si

SEKRETARIS

ABDUL MUNTOLIB, SE.

KABID PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK

MARICE PATTINAMA, S.Sos.

KABID PELAYANAN PENCATATAN SIPIL

FERRY EDISON, S.STP.

KABID PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

ROOSYE L. MATULESSY, S.Sos.

KABID PEMANFAATAN DATA DAN INOVASI PELAYANAN

RENSTRA TAHUN 2018-2022

RENJA TAHUN 2021

PROFIL PENYELENGGARA

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah yang dipimpin oleh kepala dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota Jayapura melalui Sekretaris Daerah.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas :
a. Melaksanakan urusan pemerintahan umum di bidang kependudukan dan pencatatan sipil meliputi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi kependudukan dan penyuluhan kependudukan berdasarkan Asas Otonomi dan Tugas Pembantuan
b. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Walikota.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:
a. Penyusunan rencana dan program kerja di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
b. Pembinaan teknis pelaksanaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
c. Pengkoordinasian penyelenggaraan administrasi kependudukan di tingkat distrik, kelurahan dan pemerintahan kampung; dan
d. Pelaksanaan penyuluhan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

PROFIL PELAKSANA

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura dalam melaksanakan tugas didukung oleh pelaksana yang terdiri dari :
a. Kepala Dinas;
b. Sekretaris, membawahi Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan, Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan;
c. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, membawahi Seksi Identitas Penduduk, Seksi Pindah Datang Penduduk, Seksi Pendataan Penduduk;
d. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, membawahi Seksi Pencatatan Kelahiran dan Kematian, Seksi Pencatatan Perkawinan dan Perceraian, Seksi Pencatatan Status Anak dan Pewarganegaraan;
e. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, membawahi Seksi Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi, Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan, Seksi Tata Kelola dan SDM Teknologi Informasi dan Komunikasi;
f. Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, membawahi Seksi Kerjasama, Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan, Seksi Inovasi Pelayanan.

IKM TAHUN 2022 SEMESTER 1

PIAGAM DAN PENGHARGAAN

2014-04-08

Piagam Penghargaan Museum Rekor – Dunia Indonesia Atas Rekor : Penyelenggara Ikrar Pembaharuan Perjanjian Perkawinan Dengan Peserta Terbanyak Tanggal 8 Maret 2014


2014-07-08

Piagam Penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia Memberikan : Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik UU Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Tanggal 18 Juli 2014


2015-12-03

Sertifikat ISO 9001 : 2008 atas Pelayanan Dokumen Kependudukan (Kartu Keluarga, KTP dan Akta Pencatatan Sipil” tanggal 3 Desember 2015


2016-01-01

Piagam Penghargaan dari Walikota Jayapura Atas Prestasi dalam Pelaksanaan Tugas Pokok, 1 Januari 2016


2016-02-22

Piagam Penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia Atas : “Peran Aktif Mewujudkan Pelayanan Publik Prima Tahun 2015 Dengan Zona Hijau Kategori Kepatuhan Pemenuhan Standar Layanan Sesuai Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik”, Tanggal 22 Februari 2016


2016-04-30

Piagam Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Atas : “Pelaksanaan Sertifikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berstandar Internasional ISO 9001 : 2008” Tanggal 30 Maret 2016


2016-10-26

Piagam Penghargaan dari Menteri Pendayahgunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Atas: “Partisipasinya Sebagai Narasumber Dan Peserta Pameran Workshop Dalam Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik” Tanggal 26 Oktober 2016


2017-04-02

Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi sebagai “Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori ‘A’ “, tanggal 2 Maret 2017


2017-04-03

Piagam Penghargaan Dari Ombudsman Republik Indonesia Atas : “Peran Aktif Mewujudkan Pelayanan Publik Prima Tahun 2015 Dengan Zona Hijau Aktegori Kepatuhan Pemenuhan Standar Layanan Sesuai Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik” Tanggal 03 Maret 2017


2017-11-07

Piagam Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Kategori “Dukcapil Hebat” atas pengembangan Inovasi dan Besarnya Dukungan Kepala Daerah dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan, tanggal 7 November 2017


2018-01-05

Penghargaan yang diberikan oleh Walikota Jayapura kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura terhadap inovasi-inovasi yang telah dilakukan meliputi; “Tekan HP Akta Jadi, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Daku Papua, Kampung Tertib Dukcapil, Nikah Capil Kilat (Nikcapil Kilat), Kelahiran Plus, Operasi KaTePel, dan Nikah Sipil Massal”, 5 Januari 2018


2018-01-24

Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai : “Roll Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik” Tanggal 24 Januari 2018


2018-11-27

Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi sebagai “Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2018“, tanggal 27 November 2018


2019-01-11

Penghargaan dari Walikota Jayapura Sebagai “OPD Terbaik I dalam Berinovasi Tahun 2018” Tanggal, 11 Januari 2019


2019-01-11

Penghargaan dari Walikota Jayapura Sebagai “OPD Terbaik I dengan Disiplin Apel Pagi dan Jumlah Kehadiran ASN Tertinggi Tahun 2018” Tanggal, 11 Januari 2019


2019-11-05

Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori “Sangat Baik” Tanggal, 5 November 2019